UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SE-KECAMATAN LOANO TAHUN AJARAN 2011/2012


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
matematika 9 2013
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK Dwi Yana Setiyasih. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Se-Kecamatan Loano Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan dan untuk mengetahui rerata kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan serta untuk menentukan prosentase setiap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pada bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD N 01 Separe, SD N Sedayu, dan SD N Kembaran yang berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besar prosentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan adalah (1) kesalahan siswa tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian untuk mendapatkan hasil akhir 23,08%; (2) kesalahan dalam melakukan operasi pembagian 14,28%; (3) kesalahan dalam melakukan operasi perkalian 53,85% ; (4) kesalahan dalam menyederhanakan pecahan 5,49% ; (5) kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam bahasa matematika 59,34%; (6) kesalahan dalam melakukan operasi penjumlahan 5,49% ; (7) kesalahan dalam mengubah pecahan campuran ke dalam pecahan biasa 24,17% ; (8) kesalahan dalam mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan campuran 21,98%; (9) kesalahan dalam melakukan operasi pengurangan 23,08% ; (10) kesalahan siswa tidak membalik pecahan dari pembilang menjadi penyebut atau dari penyebut menjadi pembilang 49,45%; (11) kesalahan dalam menentukan rumus jarak sebenarnya 35,16%; (12) kesalahan dalam mengubah satuan cm ke dalam satuan km 15,38%; (13) kesalahan dalam membedakan tanda < (kurang dari) dan tanda > (lebih dari) 50,55%. Kata-kata kunci : Analisis kesalahan, Pecahan.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?