UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ALAWIYAH KALIKAJAR


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
matematika 7 2013
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
ABSTRAK Dwi Cahya Setiawan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square (tps) dengan menggunakan lembar kerja siswa (lks) berbasis pendidikan matematika realistik (pmr) pada siswa kelas viii smp al alawiyah kalikajar. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammdiyah Purworejo. 2013 Penelitian melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan Penelitian Terapan Pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif antara penelitidan guru matematika kelas VIII serta dibantu oleh observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Alawiyah Kalikajar sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian berupa hasil observasi, hasil tes belajar, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeThink-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) efektif diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Al Alawiyah Kalikajar. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata nilai tes belajar siswa setelah diadakan pre tes (tes awal), tes I dan tes II. Pada tes awal, rata-rata nilai kelasnya adalah 6,35 dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 52,94%. Setelah diadakan pembelajaran, pada tes I rata-rata nilai kelasnya adalah 7,57 dan berada pada kriteria ?baik? dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 88,23%, sedangkan pada tes II rata-rata nilai kelasnya menjadi 8,65 dan berada pada kriteria ?sangatbaik? dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 94,12%. Untuk total, terdapat 25 siswa atau sebesar 73,53%. Kata kunci : prestasi belajar, kooperatif tipe think-pair square (tps)
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?