UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

NILAI-NILAI EDUKATIF NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bahasa Indonesia
Info Detail Spesifik
Dewi, Yulia Puspita. 2013. ?Nilai-Nilai Edukatif Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Skenario Pembelajarannya di SMA Kelas XI?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan macam-macam nilai edukatif novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata (2) mendeskripsikan wujud/perilaku nilai edukatif novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan (3) menjelaskan skenario pembelajarannya di sma kelas XI Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai edukatif/pendidikan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan skenario pembelajarannya di SMA kelas XI. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan tidak langsung yakni teks dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Teknik peengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak catat.Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) di dalam novel Laskar Pelangi terdapat empat macam nilai edukatif, yakni (1) nilai sosial, nilai kepribadiaan, nilai filosofis berisi adat istiadat/kepercayaan yang masih kental untuk dipertahankan dipertahankan,cnilai religi berisi pengetahuan agama, aqidah, dan syariat-syarianya, (2) wujud dari nilai edukatif dapat dilihat dari tutur kata/percakapan para tokohnya atau dilihat dari kutipan langsung maupun tidak langsung, kemudian ceritanya disajikan dalam bentuk tabel ditulis masalah yang dianalis lalu ditulis halaman pada tiap-tiap kutipan yang menyangkut pokok permasalahan tersebut. (3) skenario pembelajaran novel Laskar Pelangi dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran PAIKEM dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi pendahuluan, inti, dan penutup.nilai edukatif pada novel Laskar Pelangi. Kata kunci : Nilai Edukatif, dan Skenario Pembelajarannya di SMA Kelas XI.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?