PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM KEBUMEN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2013
Primania, Saraswati, Peter 2013. ?Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas dengan Metode Pembelajaran inkuiri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam Kebumen Tahun Pembelajaran 2012/2013?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013. Penelitian ini bertujuan: (1) penerapan pembelajaran metode inkuiri dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam Kebumen tahun pembelajaran 2012/2013; (2) pengaruh pembelajaran menulis surat dinas dengan metode pembelajaran inkuiri terhadap kegiatan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam Kebumen tahun pembelajaran 2012/2013; (3) peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan merode inkuiri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam Kebumen tahun pembelajaran 2012/2013. Sabariyanto (1998: 38) menjelaskan surat dinas ialah surat yang berisi masalah kedinasan, surat dinas sama dengan surat resmi, pembuat atau penerbit surat dinas dapat instansi pemerintah dan dapat pula perorangan. Inkuiri adalah proses pembelajaran dimana siswa mencari dan menemukan sendiri materi pembelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar (Sanjaya, 2006: 195). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini (1) penerapan metode pembelajaran inkuiri ada emam langkah sebagai berikut: (a) orientasi, (b) merumuskan Masalah, (c) merumuskan hipotesis, (d) megumpulkan data, (e) merumuskan kesimpulan. Langkah orientasi, peneliti melakukan apresiasi dan menjelaskan tentang tujuan pembelajaran menulis surat dinas dengan metode pembelajaran inkuiri. Langkah merumuskan masalah, agar siswa lebih paham mengenai materi surat dinas yang di sampaikan peneliti, siswa diminta untuk berlatih menulis surat dinas. Merumuskan hipotesis, peneliti dan siswa bertanya jawab mengenai pembelajaran surat dinas. Mengumpulkan data, peneliti menguji hasil pekerjaan siswa dalam menulis surat dinas. Selanjutnya pada langkah menguji hipotesis, peneliti meneliti kesalahan yang ada pada hasil pekerjaan siswa dalam menulis surat dinas, dan yang terakhir merumuskan kesimpulan, peneliti memberikan kesimpulan pembelajaran surat dinas yang telah diajarkan; (2) pembelajarn inkuiri membawa pengaruh positif terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam menulis surat dinas; (3) pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam. Nilai rata-rata prasiklus 59,82 pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,48, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,66. Kata kunci : menulis, surat dinas, metode inkuiri.