Melliawati. 2013. ?Analisis Psikologis Tokoh Utama Novel Kerudung Cinta Dari Langit Ketujuh karya Wahyu Sujani dan Pembelajarannya di SMA berbasis PAIKEM.? Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aspek psikologis kepribadian tokoh utama dalam novel Kerudung Cinta dari Langit Ketujuh dan (2) pembelajaran novel Kerudung Cinta dari Langit Ketujuh. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Kerudung Cinta dari Langit Ketujuh (KCLK) karya Wahyu Sujani. Penelitian ini difokuskan pada psikologis tokoh utama dengan menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud yang meliputi the id, the ego, dan the superego serta pembelajarannya di SMA berbasis PAIKEM. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Dalam menyajikan hasil penelitian, digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) aspek psikologis kerpibadian tokoh utama novel KCLK yang meliputi id, ego, superego tampak pada ucapan, tingkah laku, dan pemikiran tokoh utama. Aspek id tokoh utama novel KCLK banyak dipengaruhi oleh luka masa lalu. Masa lalu yang kelam telah membuat Fikri menjadi seorang yang tidak tegas dalam menjatuhkan pilihan cintanya. Adapun aspek kepribadian ego pada diri Fikri berupa strategi pengalihan objek cinta dan kemudian bermaksud melupakan objek karena realitas tidak memungkinkan mendapatkan objek kesenangan sebagaimana keinginan bawah sadarnya. Aspek psikologis kepribadian tokoh utama novel KCLK (Fikri) didominansi oleh aspek superego yang banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam. Aspek superego tampak pada pribadi Fikri yang melandasi semua aktivitasnya sebagai ibadah, tetap rendah hati (tawadlu?) di tengah ketenaran, kekayaan, ketampanan, dan kesuksesan hidup, serta senantiasa menyandarkan keputusan pribadinya berdasarkan ajaran agama Islam. Hal ini tampak ketika Fikri menyerahkan pilihan cintanya dengan memohon petunjuk Allah melalui sholat istikharah; (2) berdasarkan Kompetensi Dasar pembelajaran sastra di SMA, yakni menganalisis unsur-unsur ekstrinsik novel dengan indikator hasil belajar berupa mampu membaca dan memahami isi novel, mampu menganalisis unsur ekstrinsik novel, dan mampu menganalisis perwatakan tokoh utama, novel KCLK dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra untuk kelas XI SMA. Di samping itu, novel KCLK mengandung banyak nilai kejiwaan yang bersumber dari kepribadian (id, ego, dan superego) tokoh utama. Nilai-nilai yang dapat dipetik dari kepribadian tokoh utama di antaranya adalah nilai religius, nilai peduli sosial, nilai kerja keras, dan nilai-nilai positif lainnya yang dapat dijadikan teladan oleh siswa. Kata kunci: analisis psikologis tokoh utama, PAIKEM