Prasetyo, Lutif Aziz. 2013. ?Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deksripsi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan pengaruh metode field trip terhadap sikap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo dalam pembelajaran menulis deskripsi; dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dalam menulis deskripsi setelah mereka mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode field trip. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan jurnal siswa. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan diskusi. Hasil penelitian ini: (1) penerapan metode field trip pada siklus I memperlihatkan kualitas proses pembelajaran lebih baik daripada pembelajaran prasiklus. Namun, kualitas hasil belajar pada siklus I belum mencapai target yang telah ditetapkan karena ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai 27,78%. Penerapan metode field trip pada siklus II memperlihatkan kualitas proses pembelajaran yang lebih baik dibandingkan dengan proses pembelajaran siklus I. Selain itu, kualitas hasil belajar sudah mencapai target yang ditetapkan karena ketuntasan hasil belajar pada siklus II mencapai 86,11%; (2) perilaku siswa mengalami perubahan ke arah positif yang dibuktikan dengan data nontes (observasi dan jurnal siswa). Pada siklus I, masih tampak siswa yang pasif dan terlihat tidak antusias dalam proses pembelajaran. Pada siklus II, hampir seluruh siswa menunjukkan keaktifan dan antusiasme dalam mengikuti pembelejaran menulis deskripsi dengan metode field trip. Sementara itu, berdasarkan hasil jurnal siswa, diketahui bahwa ketertarikan dan respons siswa terhadap pembelajaran menulis deskripsi dengan metode field trip pada siklus II menjadi lebih baik dibandingkan dengan siklus I; (3) nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi prasiklus sebesar 60,58 dengan ketuntasan sebesar 16,67%. Pada siklus I, nilai rata-ratanya mencapai 66,17 dengan ketuntasan sebesar 16,67%. Pada siklus II, nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,24 dari siklus I menjadi 78,41 dengan kategori nilai baik dan ketuntasan sebesar 86,11%.