Yovanita, Lulu. 2013. ?Nilai Moral dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA?. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Ranah 3 Warna (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang), (2) mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam novel Ranah 3 Warna, (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran nilai moral dalam novel Ranah 3 Warna di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini nilai moral novel Ranah 3 Warna dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak catat, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, yaitu (a) temanya adalah perjuangan Alif untuk dapat mewujudkan cita-citanya. (b) Tokoh utama adalah Alif, tokoh tambahan adalah Raisa, Randai, Ayah, Amak, Bang Togar, Rusdi, Ferdinand, Madailene, dan Franc. Penokohan dalam novel dilakukan secara analitik dan dramatik. (c) Alur dalam novel adalah alur campuran yang mempunyai nilai keindahan, meliputi plausibilitas, rasa ingin tahu, kejutan, dan kepaduan. (d) Latar tempat dalam novel disajikan secara konkret sehingga dapat menimbulkan imajinasi pembaca mengenai latar tersebut. Latar waktu yang disajikan pengarang juga menimbulkan imajinasi pembaca mengenai latar waktu yang terjadi dalam setiap peristiwa. Latar sosial melukiskan status sosial masyarakat menengah ke bawah. (e) Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama ditandai dengan penggunaan kata ?aku? sebagai orang serba tahu. (2) Nilai moral dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan yang meliputi salah satunya bersyukur yang dilakukan oleh Alif di ditandai dengan mengucap syukur alhamdulillah karena diterima di universitas yang ia inginkan. (b) Hubungan manusia dengan diri sendiri yang meliputi salah satunya tanggung jawab yang dilakukan Bang Togar dengan menjalankan amanah dari Ayah Alif. (c) Hubungan manusia dengan manusia lain yang meliputi salah satunya tepat janji yang dilakukan oleh ayah Alif, yaitu menepati janjinya bahwa ayah akan mengurus segala keperluan Alif untuk memperoleh ijazah SMA melalui ujian persamaan. (d) Hubungan manusia dengan lingkungan alam meliputi memuji keindahan alam yang dilakukan oleh Alif ketika memuji keindahan suasana kampong. (3) Skenario pembelajaran nilai moral dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dengan pendekatan PAIKEM dilakukan dengan sistematika (a) guru menjelaskan tujuan pembelajaran, (b) guru mempersiapkan media pembelajaran, (c) guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, (d) guru menyuruh peserta didik mencari unsur intrinsik dan nilai moral dalam novel, (e) peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan menceritaan kembali isi novel, (f) guru memberi komentar mengenai jalannya diskusi, (g) guru memberi kesimpulan. Kata kunci : unsur intrinsik, nilai moral, skenario pembelajaran di kelas XI SMA