Vardhiyan, Fajar. 2013. ?Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Alat Peraga Kartu Kata pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangsari Tahun Pembelajaran 2011/2012.? Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran membaca nyaring dengan alat peraga kartu kata; (2) perubahan perilaku setelah dilakukan pembelajaran membaca nyaring dengan alat peraga kartu kata; dan (3) peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SD Negeri Karangsari tahun pembelajaran 2011/2012 setelah dilakukan pembelajaran membaca nyaring dengan alat peraga kartu kata. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangsari tahun pembelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes (observasi dan jurnal siswa). Instrumen penelitian berupa instrumen tes (rubrik penilaian) dan isntrumen nontes (lembar observasi dan lembar jurnal siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabasahan data menggunakan triangulasi dan diskusi. Hasil penelitian disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembelajaran membaca nyaring dengan alat peraga kartu kata pada kelas VI SD N Karangsari dilakukan dengan langkah: (a) pendahuluan, berisi apersepsi mengenai membaca nyaring, motivasi belajar membaca nyaring, dan penyampaian tujuan dan indikator pembelajaran. Pada tahap ini digunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tahap pembelajaran selanjutnya adalah tahap inti; (b) tahap ini, berisi empat kegiatan pokok, yakni peragaan kartu kata homograf untuk bimbingan pelafalan, peragaan kartu kata berkonteks untuk bimbingan intonasi, dan peragaan kumpulan kartu kata yang dapat disusun menjadi kalimat bervariasi sebagai bimbingan penjedaan, dan dilanjuntkan dengan tes keterampilan membaca nyaring siswa. Metode yang digunakan dalam tahap ini adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan diskusi. Tahap terakhir adalah tahap penutup. Tahap ini berisi penyimpulan pembelajaran yang dilakukan dengan tanya jawab dengan siswa; (2) penggunaan alat peraga kartu kata dalam pembelajaran membaca nyaring memberikan pengaruh positif terhadap perilaku siswa dalam proses pembelajaran membaca nyaring. Dari hasil observasi dan jurnal siswa, diketahui siswa lebih bersemangat, lebih responsif, lebih aktif, dan menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran membaca nyaring setelah digunakan alat peraga kartu kata; (3) keterampilan siswa dalam membaca nyaring mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan alat peraga kartu kata. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa dalam membaca nyaring adalah 53,91 (kategori cukup) dan meningkat sebesar 13,05 pada siklus I menjadi 66,96 (kategori cukup). Pada siklus II, terjadi peningkatan nilai tes dari siklus I sebesar 13,87 menjadi 80,83 (kategori sangat baik). Dari segi persentase ketuntasan belajar, terlihat bahwa pada prasiklus ketuntasan belajar hanya sebesar 6,69% dan meningkat menjadi 39,93% pada siklus I. Pada siklus II, sebanyak 22 atau sebesar 95,65% siswa dinyatakan tuntas dan hanya 1 siswa yang belum. Kata kunci: membaca nyaring, alat peraga kartu kata