PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS IX SMP N 11 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo :
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.,
2013
Prabawati, Anisah. 2013. ?Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Metode Kuantum pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013?. Skripsi. Purworejo; Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah metode kuantum dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas IX SMP Negeri 11 Purworejo; (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum terhadap sikap dan minat siswa kelas IX SMP Negeri 11 Purworejo; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 11 Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum. Teori yang menjadi acuan adalah teori Tarigan (2008: 3-4) yang menyatakan bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain, dan teori Sukirno (2010: 16) yang menyatakan bahwa belajar berbasis kuantum dapat diartikan sebagai kiat-kiat, petunjuk, metode, dan seluruh proses yang dapat menghemat waktu untuk mempercepat dan mengoptimalkan hasil belajar siswa dengan cara membangkitkan semangat belajar siswa melalui berbagai keterampilan berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah tandur. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi dan angket yang diisi oleh siswa dan pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mencakup analisis proses dan analisis data produk. Dalam teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) langkah-langkah metode kuantum dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum meliputi tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan, (2) pengaruh pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran dari hasil lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa sikap dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pada awal pertemuan masih rendah, dan pada akhir pertemuan meningkat menjadi baik, (3) peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum mengalami peningkatan dari observasi nilai rata-rata 41,21875, awal pertemuan pada tahap demonstrasikan 43,5625 dan akhir pertemuan pada tahap rayakan 80,40625. Dari hasil tes terbukti bahwa pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Kata kunci : menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi, metode kuantum