Abstrak: Amelia. 2013. ?Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Metode SAVI pada Siswa Kelas X SMA N 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013?. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI pada siswa kelas X SMA N 5 Purworejo; (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode SAVI terhadap aktivitas dan minat siswa kelas X SMA N 5 Purworejo dalam pembelajaran membaca puisi; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi dengan metode SAVI pada siswa kelas X SMA N 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari lima komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, wawancara, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari tes kemampuan siswa dalam membaca puisi dari tahap prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes terdiri dari angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal menurut Sudaryanto. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI mampu membuat pembelajaran menjadi lebih baik, karena dengan metode tersebut siswa diarahkan untuk belajar dengan bergerak/berbuat, berbicara, mendengar, mengamati/ menggambarkan, dan memecahkan masalah yang ada dalam pembelajaran, (2) pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI mampu meningkatkan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus cukup, sedangkan pada siklus I dan II menjadi baik. Minat siswa terhadap metode yang digunakan pada prasiklus cukup, pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi baik, (3) pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Peningkatan dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis dengan rerata tes 69,11. Pada siklus I meningkat menjadi 75,83, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,10. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Kata kunci : membaca puisi, metode SAVI