UPT Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Purworejo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM STARTER DAN PENGISIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN


Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
Peranian 6
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Purworejo : PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pertanian
Info Detail Spesifik
Abstrak: Suwondo Hermansah, 112170277. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Sistem Starter dan Pengisian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Program Studi Pendidikan Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar yang dimaksud adalah keaktifan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung, sedangkan hasil belajar siswa dapat diketahui dari hasil evaluasi setelah proses pembelajaran berlangsung. Materi yang disampaikan adalah materi tentang standar kompetensi sistem starter dan pengisian . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 12 B SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki?laki dan 1 siswa perempuan. Faktor yang diteliti yaitu keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Persentase keaktifan siswa pada observasi awal sebesar 80,62 % meningkat menjadi 86,67 % pada siklus I, dan menjadi 90,42 % pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rerata pada data awal sebesar 66,22 meningkat menjadi 85,25 pada siklus I dan 88,45 pada siklus II. Dari hasil belajar juga diketahui persentase siswa yang lulus mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal mencapai 100% dari jumlah siswa. Kata Kunci : Keaktifan, Hasil belajar, TGT
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Nomor Pokok Perpustakaan 3306062D2016172

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?